Bentara Campus

✆ 021- 2206 6755    📧 info@bentaracampus.ac.id

Pendampingan dan pelatihan guru PAUD 1
Peserta dan tim dosen Program Studi Pendidikan Inklusi pada kegiatan pendampingan dan pelatihan guru PAUD dan orangtua anak usia dini di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu (19/01/2024). Foto: Dok. Politeknik Bentara Citra Bangsa.

Pendampingan dan Pelatihan Guru PAUD dan Orang Tua Anak Usia Dini di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu

Pulau Pramuka- Tim Dosen Program Studi Pendidikan Inklusi yaitu Ibu Kurnia Mega Hapsari, S.Psi., M.Psi, Patricia Lestari Taslim, S.Pd., M.Pd, Martha Sonya Kusumadewi, S.Psi., M.Ed.St melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yaitu berupa pendampingan dan pelatihan guru PAUD dan orang tua anak usia dini. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 19 Januari 2024 di SDN Pulau Panggang 02 Pagi, Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Kegiatan PKM Program Studi Pendidikan Inklusi di Pulau Pramuka dilaksanakan selama 6 bulan yaitu pada Oktober 2023 hingga Januari 2024. Kegiatan PKM ini dilaksanakan atas kerjasama Program Studi Pendidikan Inklusi Politeknik Bentara Citra Bangsa dengan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kepulauan Seribu dan Suku Dinas Pendidikan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Penyampaian materi mengenai intervensi dini masalah dan gangguan perkembangan anak oleh Kurnia Mega Hapsari, S.Psi., M.Psi., Psikolog pada kegiatan pendampingan dan pelatihan guru PAUD dan orangtua anak usia dini di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu (19/01/2024). Foto: Dok. Politeknik Bentara Citra Bangsa.
Pak Wahyu Dwi Deniawan, S.Pd., M.Si memberikan ice breaking kepada para peserta kegiatan pendampingan dan pelatihan guru PAUD dan orangtua anak usia dini di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu (19/01/2024). Foto: Dok. Politeknik Bentara Citra Bangsa.
Tim Dosen Program Studi Pendidikan Inklusi pada Program Pengabdian Kepada Masyarakat (Dari sebelah Kiri-Patricia Lestari Taslim, S.Pd., M.Pd, Kurnia Mega Hapsari, S.Psi., M.Psi., Psikolog, Deden Mulyadi, M.Psi., Psikolog. Oo Harsono, S.Pd., M.Kom., Wahyu Dwi Deniawan., S.Pd., M.Si, Martha Sonya Kusumadewi, S.Psi., M.Ed.St, Dra. Adi D. Adinugroho-Horstman, M.A. Spec.Ed.Specialist., Ph.D (19/01/2024). Foto: Dok. Politeknik Bentara Citra Bangsa.
Penyampaian materi mengenai tumbuh kembang anak serta deteksi dini dan intervensi anak usia dini oleh Ibu Martha Sonya Kusumadewi, S.Psi., M.Ed.St pada kegiatan pendampingan dan pelatihan guru PAUD dan orangtua anak usia dini di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu (19/01/2024). Foto: Dok. Politeknik Bentara Citra Bangsa
Peserta dan tim dosen Program Studi Pendidikan Inklusi pada kegiatan pendampingan dan pelatihan guru PAUD dan orangtua anak usia dini di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu (19/01/2024). Foto: Dok. Politeknik Bentara Citra Bangsa.
Previous
Next

Sebelum mengadakan pendampingan dan pelatihan, tim dosen mengadakan observasi dan kegiatan FDG (Focus Group Discussion) yang diselenggarakan pada tanggal 11-12 Oktober tahun 2023. Terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan oleh tim dosen pada tahap observasi dan kegiatan FGD yaitu permasalahan yang terdapat pada orang tua, guru, maupun pihak sekolah. Hasil temuan masalah tersebut yaitu pertama, masih banyak orangtua, guru, dan beberapa sekolah memiliki orientasi pembelajaran yang berfokus pada kemampuan anak-anak usia KB dan TK dalam membaca, menulis, dan berhitung. Kedua, masih banyak orang tua yang kurang memiliki kepedulian terhadap pendidikan anak mereka dan menyerahkan seluruh perkembangan anak kepada guru.

Ketiga, beberapa orang tua dan guru di Pulau Pramuka masih kurang memiliki pemahaman mengenai tahapan perkembangan tumbuh kembang berdasarkan pada kemampuan sensori, motork, bahasa, koginitf, sosioemosi selama usia dini sehingga anak-anak tidak dilatih dan dioptimalkan. Keempat, adanya kesulitan pada guru dalam membuat dan memahami strategi mengajar dengan gambaran dan kondisi anak yang berbeda.

Menanggapi beragam permasalahan yang dihadapi guru, sekolah, dan orang tua anak usia dini di Pulau Pramuka, melalui kegiatan PKM ini tim dosen memberikan dua materi kepada para peserta yang disampaikan dalam dua sesi pelatihan. Sesi pertama mengenai tumbuh kembang anak serta deteksi dini disampaikan oleh ibu Martha Sonya Kusumadewi, S.Psi., M.Ed.St dan sesi kedua mengenai intervensi dini masalah dan gangguan perkembangan anak disampaikan oleh ibu Kurnia Mega Hapsari, S.Psi., M.Psi.

Pelatihan dan pendampingan pada kegiatan PKM ini diharapkan menjadi salah satu bentuk bantuan yang dapat meningkatkan kemampuan para guru, sekolah, maupun orang tua dalam menangani dan memahami tumbuh kembang anak serta permasalahan yang mereka hadapi. Mereka juga diharapkan mampu melakukan intervensi dini agar anak-anak di usia dini (pra sekolah) dapat berkembang secara optimal dan siap melanjutkan pembelajaran ke sekolah dasar.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *