Program Pendidikan Inklusi
Profil Program
Program studi Pendidikan Inklusi (Pensif) dirancang untuk menghasilkan tenaga praktisi profesional di bidang pendidikan yang berkompeten dan berkualitas tinggi. Program Diploma 3 (D3) dipersiapkan agar memastikan kualitas dan kekuatan kompetensi profesi pada bidang pendidikan inklusi dapat memberikan peluang bagi para siswa didik untuk mendapatkan pelatihan dan pembelajaran yang menggabungkan antara teori, riset dan praktek langsung dalam bidangnya.
Program Studi ditujukan bagi individu yang ingin mempelajari mengenai pendidikan inklusi, disabilitas, kode etik guru, dan kebijakan proses pembelajaran dalam memenuhi kebutuhan layanan setara bagi anak-anak berkebutuhan khusus, anak-anak beresiko (at risk) dan anak-anak dari komunitas yang termarjinalkan.
Proses Pengajaran
Teori
Presentasi
Fokus Studi
Jurnal
Audio & Video
Praktek
Knowledge & Skills
- Menghasilkan lulusan yang menguasai konsep teoritis pendidikan inklusif, pengetahuan faktual serta mampu mengaplikasikannya dalam memberi layanan bagi program-program khusus yang mengakomodasi kebutuhan anak.
- Pendidik yang berkemajuan, pembelajar inovatif, profesional dan pelopor perubahan yang siap bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Lulusan mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif dan terukur dalam pembelajaran dan praktek terkait dengan pendidikan inklusif.
- Lulusan dapat menghargai keanekaragaman setiap budaya, agama, pandangan, kepercayaan, serta pendapat atau temuan lainnya.
Profil Dosen
Adi Adinugroho-Horstman PhD
Ph.D in Education/Spec. Ed Purdue University, USA.
Berpengalaman lebih dari 25 tahun di bidang Edukasi dan Perguruan Tinggi Higher Education, termasuk Clinical Pedagogical & Educational Psychology services.
Kurnia Mega Hapsari, S.Psi., M.Psi.
Magister Profesi Psikologi, Unika Soegijapranata Semarang
Berpengalaman sebagai Psikolog Klinis Anak, Play Therapist, dan Trainee Supervisor. Berkecimpung menjadi terapis anak berkebutuhan khusus sejak tahun 2008. Staf pengajar pelatihan guru, terapis dan orang tua.
Amabelle Vanalyssa, MA
Masters in Special & Inclusive Education IoE, UCL London
Praktek sebagai Play Therapist dari Perkumpulan Terapi Bermain Indonesia (PTBI & PTIndo). Berpengalaman 10 tahun bekerja dengan anak, remaja & Anak Berkebutuhan Khusus.
Weni Mardi Waluyani, M.Ed.
Masters in Special Education & Gifted Education UNSW, Australia
Berpengalaman lebih dari 5 tahun sebagai Koordinator bagi Anak Berkebutuhan Khusus dan Anak Cerdas Berbakat di Sekolah Inklusif dan Terapis Pendidikan.