Bentara Campus

✆ 021- 2206 6755    📧 info@bentaracampus.ac.id

Program Studi Diploma Tiga Bimbingan dan Konseling

Program Studi Bimbingan dan Konseling adalah program studi unik yang menggabungkan konseling terapan, pendekatan bermain dan pendekatan psikologi untuk membentuk paraprofesional dalam melayani anak, remaja dan individu dengan masalah mental, sosial, emosi dan perilaku baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Konselor Paraprofesional merupakan praktisi yang memberikan layanan pendampingan bagi anak dan remaja dengan permasalahan mental, sosial, emosi dan perilaku. Lulusan program studi dapat bekerja sebagai Konselor Paraprofesional dapat mendamping ahli untuk membantu masalah di sekolah dan di masyarakat.

Pengetahuan & Keterampilan Lulusan (Knowledge & Skills)
  1. Kemampuan menerapkan praktek pendampingan psikososial dan kegiatan melalui pendekatan bermain, creative art, dan storytelling. 
  2. Kemampuan menerapkan keterampilan konseling: active listening skill, paraphrasing, client-centered approach dan pendekatan konseling menggunakan creative art.
  3. Menerapkan nilai-nilai dan etika sesuai bidang bimbingan dan konseling.
  4. Kemampuan mendampingi individu dengan kesulitan, gangguan mental, berkebutuhan khusus dan rentan (at-risk).
  5. Keterampilan berpikir kritis, logis dan kreatif serta mampu bekerjasama.
Proses Pengajaran (Delivery Method)

Problem based and project-based learning (praktik individu dan grup), menggunakan pendekatan multidisiplin, studi kasus, proses pengenalan diri, simulasi (role play), discovery learning approach, riset dan metode pembelajaran kreatif.

Profil Lulusan
  • Para Lulusan Program Studi Bimbingan dan Konseling dapat bekerja sebagai:
  • Konselor Paraprofesional
  • Konselor Anak Pendekatan Bermain (KAPB)
Lapangan Pekerjaan

Para lulusan dapat langsung bekerja di Klinik, Counselling Center, Sekolah, Non-Government Organization (NGO), maupun sebagai pekerja sosial di komunitas.